ini ada kutipan menarik dari reaviwland.com sbb :

Artikel ditulis oleh: Budz Kay pada tgl 20 September 2004

Untuk memiliki sebuah handphone cancggih selalu mengharuskan kita merogoh kocek cukup dalam. PDA Pocket PC yg harganya mahal juga kebanyakan tidak memiliki fungsi phone.
Selama ini harga PDA Phone & Smartphone selalu berkisar 4 sampai 7 juta, namun kini ada PDA Phone Pocket PC dengan harga yg bahkan lebih murah daripada harga handphone sekalipun.
Tak hanya itu, sistem phone yg digunakan bukan GSM, tapi CDMA yg tentu saja pulsanya murah ala pulsa lokal.
Harga Thera yg murah, kinerja & fleksibilitas ala PC, serta pulsa CDMA yg murah tentu akan membuat handphone, PDA, dan bahkan notebook menjadi tak layak dibeli. Benarkah begitu?

Audiovox Thera Verizon merupakan PDA Phone yg berasal dari Amerika, yaitu negara dimana sistem CDMA2000 1X pertama kali dikembangkan.
Verizon merupakan operator CDMA paling besar di Amerika.
Thera kompatibel dengan Flexi dan Fren (StarOne menyusul)
Thera merupakan PDA Phone PocketPC dengan harga termurah di muka bumi.
Untungnya lagi, sistemnya menggunakan CDMA sehingga dapat digunakan sebagai alat komunikasi yg murah meriah.
(Keunggulan CDMA dibanding GSM bisa dibaca di artikel ini)

Karena Thera merupakan PDA dengan operating system Pocket PC 2002 (ala Windows XP), maka anda langsung dapat browsing internet dengan program Internet Explorer yg ada pada PDA Phone ini.
Kecepatan akses internetnya pun 153Kbps, jauh diatas kecepatan GSM GPRS.
Secara feature & kecanggihan teknologi, PDA Phone Pocket PC jelas lebih unggul dibanding Smart Phone.
SmartPhone seperti Sony Ericsson P900 pada dasarnya tetaplah telpon, hanya saja dibekali kemampuan mendekati PDA, sedangkan PDA Pocket PC seperti Thera memiliki kemampuan yg boleh dibilang sama dengan PC. Bahkan boleh dibilang bahwa PDA Pocket PC bisa menggantikan notebook, karena PDA berbasis PocketPC memiliki software-software yg sama seperti PC/notebook. Mulai dari Microsoft Word, Excel, Outlook, software presentasi seperti PocketShow dan Powerpoint, hingga game-game ala PC yaitu Quake, Doom, Age of Empires, SimCity, dan lain-lain.
Software-software yg umum di PC seperti ACDSee, Photoshop, Powerpoint, Quicken, MS Money, dsb juga ada untuk PocketPC. Jadi jangan takut bila software yg ada di PC anda tidak ada di PocketPC.

DOMINASI MICROSOFT

Situasinya berbeda dgn PDA/Smartphone berbasis Symbian (Nokia, Sony, Siemens) yg miskin software. Begitu pula PDA berbasis Palm juga memiliki kualitas & jumlah software yg kalah dibanding Pocket PC. Apalagi PDA berbasis Palm boleh dikatakan sedang sekarat akibat dominasi PDA berbasis Microsoft PocketPC. Ini tak lain karena kehebatan dominasi Microsoft sang pencipta PocketPC.

Dilengkapai dengan MP3 remote control, dan craddle untuk sinkronisasi dengan PC
Kebanyakan PDA berbasis PocketPC juga dapat dirubah tampuilannya dari mode potrait ke mode landscape. Jadi masalah layar yg sempit bukan lagi alasan bila anda ingin browsing internet ataupun melihat sheet excel yg lebar.
Perubahan resolusi / tampilan mode dilakukan dgn software (misal NYditot).
Meski demikian, perubahan resolusi pada PocketPC jangan dianggap mutlak sama persis seperti perubahan resolusi di layar monitor. Tapi istilahnya pada PocketPC adalah “condensed resolution” (memampatkan) agar muat di layar.
Sama seperti yg dilakukan software browser Thunderhawk 2.0 adalah memampatkan halaman webpage ke layar 320×240 dgn format 800×600. Sehingga surfing lebih nyaman dgn tampilan serasa di layar lebar PC. Pada browser Thunderhawk, teknik “condensed resulution” dirender di server, jadi enteng buat browsernya sendiri, dan otomatis lebih kompatibel di semua PocketPC.
Beberapa PocketPC baru (Toshiba E800, Ipaq hx4700, Asus A730) juga telah mendukung mode real VGA (640×480), yg benar-benar seperti resolusi seperti di monitor (bukan condensed resolution). Waloupun tentu pengguna tetap bisa melakukan condensed ke berbagai resolusi & mode dengan software. Operating system baru seperi Windows Mobile 2003 SE juga sudah mendukung perubahan tampilan layar ke mode landscape secar on-the-fly. Jadi jelas pengguna PocketPC akan dimanjakan dgn kustomisasi layar.

PDA PocketPC yg memiliki fungsi Phone seperti Audiovox Thera membuat segalanya semakin mudah, karena selain bisa untuk menelpon, juga bisa untuk mengetik, membuat laporan keuangan, mendengarkan MP3, menonton movie MPEG/DivX/RealMovie, melakukan image/photo editing, mengirim/ menerima email, hingga browsing internet.
Audiovox Thera bahkan sudah dilengkapi handsfree remote controller MP3 untuk memudahkan anda ketika ingin menikmati lagu-lagu MP3 di perjalanan. Fungsi play, foward, rewind, dan juga phone dapat dilakukan dengan controller ini.
Selain itu dalam paket penjualannya juga disertakan craddle active sync USB. Pada craddle ini juga terdapat jack untuk charger. Hal ini memiliki keuntungan yaitu ketika Thera berada di docking tidak harus selalu sambil di-charge. Kabel sync biasa yg sekaligus men-charge biasanya dapat menyebabkan berkurangnya umur batere.

Karena menggunakan operating system yg sama-sama buatan Microsoft, Sinktronisasi Thera dengan Microsoft Outlook di PC sangat lancar. Anda bisa mensinkronisasi macam-macam data, mulai dari Contacts, Calendar, Files, Task, Internet Explorer Favorite, dsb.

UKURAN FISIK THERA

Perbandingan ukuran Thera dengan Nokia 9210i dan 3650. Thera lebih tipis, lebih pendek, tapi lebih lebar.

Pada gambar diatas terlihat bahwa Thera lebih lebar dibanding Smartphone seperti Nokia 9210i Communicator dan Nokia 3650. Namun Thera lebih tipis & pendek sehingga lebih cocok bila dimasukkan ke saku depan kemeja anda. Pada dasarnya Smartphone yg berukuran panjang seperti Nokia 9210i justru tak cocok untuk dimasukkan ke saku kemeja anda, karen terlalu menyembul keluar dan dapat mudah terjatuh dari saku. Sedangakan fisik Thera yg pendek akan membuatnya tenggelam di saku kemeja anda.

Beberapa orang menganggap ukuran Thera terlalu besar, ini karena mereka membandingkannya dengan handphone yg notabene tidak memiliki feature secanggih Thera. Perlu diingat bahwa Thera adalah device Pocket PC yg memiliki feature canggih layaknya sebuah PC. Jadi anda harus membandingkan ukurannya dengan ukuran notebook. Sebab dengan memilki Thera anda tak perlu lagi membawa-bawa notebook lagi. Apa yg dapat dilakukan notebook dapat juga dilakukan di Thera.
Notebook yg paling kecil beratnya masih berkisar 1kg (1000 gram) dan besarnya masih seukuran buku tulis, sedangkan Thera beratnya cuma 198 gram dan dapat dimasukkan ke dalam saku kemeja.
Bisakah anda memasukkan notebook ke saku kemeja anda????

DUKUNGAN 2 NOMOR CDMA

Thera juga mendukung penggunaan 2 nomer telpon, atau dengan kata lain bisa di-inject dgn 2 nomer operator CDMA yg berbeda. Anda dapat menggunakan nomer Flexi & Fren sekaligus pada PDA Phone ini. Jadi bila sedang di dalam kota anda bisa menggunakan Flexi yg murah meriah, sedangkan bila sedang keluar kota anda bisa menggunakan Fren (mendukung roaming).
Dalam waktu dekat ini StarOne juga akan mendukung sistem inject.

AWAS THERA “CACAT”

Semua Audiovox Thera pada dasarnya berasal dari Amerika. Di Amerika sendiri ada 2 operator CDMA raksasa yaitu Verizon dan Sprint yg masing-masing mengeluarkan Thera dengan versi yg berbeda.

Patut diperhatikan bahwa di Indonesia beredar dua versi Thera tersebut di atas, yaitu versi Verizon dan Sprint. Versi Sprint tidak mendukung 2 nomer telpon dan parahnya lagi tidak mendukung pengiriman SMS. Oleh karena itu pastikan bahwa anda membeli yg versi Verizon.
Perbedaan feature tsb disebabkan karena perbedaan software phone/dialer yg digunakan.
Thera versi Verizon menggunakan software Phone/Dialer “Watcher” yg berbeda dengan software phone/ dialer versi Sprint.
Thera versi Sprint memang sengaja dirancang tidak bisa mengirim SMS karena di Amerika menelpon langsung lebih murah drpd mengirim SMS. Hal ini tentu kurang sesuai dgn situasi di Indonesia.
Karena itu sebaiknya belilah Thera versi Verizon, karena selain bisa untuk mengirim SMS juga bisa di- inject dengan 2 nomer yg berbeda.

Budaya mengirim SMS memang tidak populer di Amerika, karena tarif handphone CDMA sangat murah. Bahkan di negara bagian California, setiap akhir pekan pengguna handphone CDMA boleh menelpon gratis sepuasnya. Sedangkan di indonesia tarif telpon gratis hanya berlaku selama masa promosi saja.

Namun bagi orang Indonesia, ketidakmampuan mengirim SMS pada Thera versi Sprint tentu dianggap kekurangan yg sangat fatal, maka itulah banyak penjual yg kalap dan membanting harga Thera versi Sprint, meski demikian saya tetap tidak menyarankan membelinya, karena handphone yg tidak bisa mengirim SMS sama seperti “manusia buntung tanpa tangan” alias ABNORMAL.
Oleh karena “cacat”, maka Thera versi Sprint hanya layak dibeli jika harganya cuma 50 ribu rupiah atau setara dengan sekali makan di Pizza Hut.

THERA MEMBUAT NOTEBOOK JADI TAK LAYAK DIBELI

Dengan memiliki PDA Phone multifungsi seperti Thera Verizon, anda jelas tak perlu repot2 lagi membawa notebook ketika bepergian.
Mendengarkan MP3 atau menonton movie menggunakan notebook di dalam taxi/bus kota tentu akan merepotkan.Namun dgn PDA semua aktifitas kantor maupun multimedia dapat dgn mudah dilakukan dimanapun sekalipun di dalam toilet. Dengan notebook, bisakah anda browsing internet ataupun mengetik sambil berdiri? Bisakah anda mengetik email di notebook sambil kencing di toilet? Bisakah anda mengetik dengan notebook sambil menunggu kemacetan di belakang kemudi? Tentu tidak. Ini artinya notebook dalam hal mobilitas sama sekali tidak praktis karena tidak jauh berbeda dgn PC Desktop yg membutuhkan meja/kursi untuk mengoperasikannya.

Fungsi super lengkap dengan harga yg lebih murah drpd harga handphone

Pada gambar diatas, terlihat bahwa sebagai handphone, Thera memiliki fungsi yg super lengkap.
Thera menggunakan software dialer Watcher yg merupakan hasil kerjasama Sierra Wireless dan Microsoft.
Secara default Thera menggunakan speakerphone. Anda dapat menggunakan handsfree earphone bila anda tak ingin orang sekitar mendengar suara lawan bicara anda. Bila anda ingin menggunakannya seperti handphone biasa (ditempel ke telinga), anda harus memegangnya dgn posisi terbalik dan mendekatkan speaker ke telinga, tapi sebelumnya kecilkan dulu volume speakernya ke level paling kecil.
Anda bisa mengatur mode Ringer on/off/vibrate. Selain itu juga terdapat scratch pad untuk membuat catatan selama anda berkomunikasi.
Voice memo dapat digunakan untuk merekam suara, termasuk merekam suara pembicaraan telpon (fungsi voice memo pada kebanyakan handphone tidak dapat digunakan untuk merekam suara pembicaraan telpon).
Karena Thera menggunakan operating system Pocket PC murni (bukan versi Phone Edition), maka Sofwate dialer pada Thera memilki address book yg terpisah dengan address book utama. Sehingga bila anda memasukan contact baru pada addressbook utama, anda harus me-refresh addresbook pada Watcher agar sinkron.

Anda dapat menyala/matikan fungsi telpon dengan menggunakan tombol Phone on/off di samping kiri.
Bila anda nyalakan maka sofwater Watcher akan launch sendiri, begitu pula sebaliknya.
Mematikan fungsi phone dapat menghemat batere, dan tentu harus anda lakukan bila anda sedang berada di dalam pesawat.

Untuk melakukan dial-up ke internet, cukup mudah. Anda cukup masuk ke Data Call menu, dan anda bisa langsung melakukan dial-up disana. Setelah layar Watcher menunjukan indikator transfer data (Tx & Rx), anda dapat langsung browsing dengan Internet Explorer ataupun menuju ke menu Inbox untuk mengirim/download email.

Feature SMS bisa diakses pada menu bar Tools>Mobile Messenger.
Selain itu fungsi-fungsi lain seperti merubah ringtone bisa diakses pada menu Tools>Setting.

Excel: Membuat laporan keuangan di perjalanan tak lagi harus dengan notebook

Word: Mengetik dokumen dimanapun & kapanpun juga

Bila anda menggunakan notebook untuk mengetik di Microsoft Word dan Excel, maka kini saatnya menjual notebook anda yg ukurannya bongsor & berat itu, karena dengan Thera yg kecil dan ringan anda juga bisa menjalankan aplikasi Microsoft Word dan Excel. File bisa di-save dengan berbagai macam format. Berbeda dgn SmartPhone yg hanya bisa membaca file MS Office saja tapi tak bisa mengedit, Thera juga bisa mengedit file-file MS Office sama seperti sebuah PC/Notebook. Karena memang Pocket PC adalah juga PC.
Selain itu juga ada aplikasi Access, dan juga PocketShow & Clearvue PowerPoint untuk melihat file presentasi Powerpoint.

Resco Exlorer 2003: Fungsi Explore ala PC Desktop, lengkap dengan Registry editor dan program FTP untuk meng-upload file ke internet

Pocket Artist : Software desktop publishing ala Adobe Photoshop

Dengan menginstall Resco Explorer 2003, maka file explorer di Thera akan menjadi persis seperti File Explorer di PC anda. Tak hanya itu, anda dapat pula meng-hack registry dengan Registry Editor yg disediakan. Anda juga dapat mengupload file ke server internet menggunakan program FTP.

Bagi yg doyan melakukan Desktop Publishing/Image Editing, ada software ala Adobe Photoshop yaitu Pocket Artist, software ini dapat men-save ke format JPG, BMP, PSD

Bekas.com: Pasang iklan dimanapun juga dengan Thera

Reviewland.com: Menyediakan halaman khusus dengan format lebar layar pocket PC

Browser Internet yg digunakan Thera adalah Internet Explorer, sama seperti browser pada PC anda.
Jadi semua website yg bisa dibuka pada PC anda tentu juga bisa dibuka pada Thera.
Beberapa website juga ada yg memilki halaman khusus yg lebarnya dioptimalkan untuk resolusi layar PocketPC (240×320)

Real One Player: DVD bokep durasi penuh bisa dikemas dalam ukuran cuma 40MB

PocketTV: Menonton movie MPEG dengan kualitas image yg bagus. DVD bokep durasi penuh bisa dikemas dalam ukuran 128-256MB (hi quality)

Untuk hiburan film, anda dapat menggunakan Real One Player. Format Real One cukup kecil sehingga anda dapat mengkonversi DVD durasi penuh hanya menjadi file berukuran 40MB saja.

Namun bila anda menginginkan kualitas gambar yg sangat bagus, anda dapat mengkonversi DVD anda ke format MPEG dan menontonnya menggunakan software PocketTV.
Hampir semua software videoplayer di PocketPC seperti Windows Media Player, Real One Player dan PocketTV mensupport mode full screen landscape seperti dapat anda lihat di bawah ini…..

MOBILE PORN: Nonton film bokep di Thera dgn tampilan full-screen landscape. Sangat mendukung mobilitas pornografi

Setelah memiliki Thera, anda dapat membuang Gameboy dan NGage ke tong sampah, karena game- game pada PocketPC jauh lebih canggih dan keren. Ini tak lain karena Pocket PC pada dasarnya adalah PC yg tentu saja prosesornya lebih powerful dibanding “mainan anak-anak” seperti Gameboy dan NGage.
Ada berbagai macam game di PocketPC mulai dari game 3D, RPG, Real Time Strategy, Boardgame, dsb.
Beberapa game yg menarik antara lain: Quake, Doom, Tomb Raider, Age of Empires Gold Edition, SimCity 2000, Fifa 2002, VT Pocket Tennis, Tower Mogul, Anthelion, Everquest, Racing Days, Argentum, Strategic Assault, RayMan, Metallion, Fade, G-Pod, 3D Mini Super Bike, 3D Mini Trans Canada, Interstellar Flames, Zio Golf 2, Siberian Strike, The Nutcracker, Lemonade Tycoon, Metal Strike, Motocross Stunt Racer, ShadowGate, Gangsta Race, Bust’em, Monopoly, Prince of Thieves, Bejewelled,
Bounce Symphony, Strip BlackJack, dll.
Game-game tertentu ada yg mendukung mode landscape, yaitu : Quake, Racing Days, Age of Empires Gold Edition, Motocross Stunt Racer, Tomb Raider, Bounce Symphony, dsb.

Karena Thera menggunakan operating system Pocket PC murni (bukan versi Phone Edition), maka Thera lebih kompatibel dengan banyak game. Biasanya pada device PocketPC versi Phone Edition (O2 XDA, Ipaq 6300, Samsung i700) terdapat masalah kompatibilitas tombol dengan beberapa game. Ini karena pada operating system Pocket PC Phone Edition tidak mendukung adanya tombol 3 dan 4.

Everquest: Salah satu game RPG keren

Racing Days: Game 3D di PocketPC, mendukung mode landscape.

Anda bisa membuat personalisasi desktop, shortcut, dan task manager dengan menu Home

Bila ada orang yg bilang bahwa mengetik menggunakan notebook lebih nyaman drpd menggunakan PDA, itu adalah omong kosong besar yg keluar dari mulut dari orang yg tak pernah punya PDA Pocket PC.
Dengan PDA kita bisa mengetik sambil tiduran dengan merebahkan kepala di bantal, sambil bersandar di kursi malas, atau bahkan sambil menunggu kemacetan di belakang kemudi. Itu semua tak dapat anda lakukan bila anda menggunakan notebook untuk mengetik.

Dalam hal flexibilitas dan fungsinya sebagai pengganti PC Notebook, Smartphone seperti Nokia 9210i Communicator & Sony Ericsson P900 yg notabene berbasis Symbian jelas belum mampu menggantikan fungsi notebook. Ini ujung-ujungnya karena keterbatasan software Symbian dibanding PDA Phone.
Sedangkan PDA Phone PocketPC seperti Thera memiliki perbendaharaan software yg sama komplitnya dgn notebook.

Harga PDA Phone / SmartPhone yg selangit memang kadang membuat orang lebih memiih notebook.
Namun Audiovox Thera adalah PDA Phone dgn harga cuma Rp.2,4 juta, yg berarti cuma setengah harga PDA Phone/SmartPhone seperti O2 XDA II dan Sony Ericsson P900 (keduanya berbasis GSM).
Selain Thera, alternatif satu-satunya untuk PDA Phone berbasis CDMA adalah Samsung i700 yg harganya Rp.6 juta lebih. Jadi jelas Thera adalah yg termurah.
Kalaupun anda ngotot memiliki notebook dengan dana Rp.2,4 juta, yg akan anda dapatkan hanyalah notebook bekas dgn prosesor purba (Pentium 166) yg secara teknologi jauh di bawah prosesor generasi baru yaitu Intel StrongARM 206Mhz yg digunakan pada Audiovox Thera. Selain itu, apabila anda ngotot membeli notebook bobrok tsb anda juga masih harus merogoh kocek untuk membeli handphone lagi, yg berarti anda terpaksa mengeluarkan dana lebih dari 2,4 juta.
Oleh karena itu mau dihitung dgn cara apapun juga, tidak ada device multi-fungsi di muka bumi ini yg memiliki feature komplit dan lebih murah drpd Audiovox Thera.

Kompatibel dengan SD Card dan MMC.
Thera sudah diuji kompatibel dengan SD Card Toshiba, SD Card Kingston, MMC MCPro.
Awas tidak kompatibel dgn SD Card Apacer.
Kalau dipikir- pikir, harga Thera bahkan nyaris sama dengan PDA tanpa phone (misal ipaq).
Sebuah PDA tanpa phone seperti Ipaq 3970 dan Ipaq 1940 sudah berharga sekitar Rp. 2,5 juta. Beberapa tipe lainnya seperti Ipaq 2210 dan Ipaq 5450 bahkan memiliki harga lebih dari 3 juta. Dan kalau kita melihat kelengkapan paket penjualannya, PDA tanpa phone seperti Ipaq 1940 seharga 2,5 juta hanya dibekali asesoris yg minim, yaitu charger dan kabel data saja. Ini tentunya sangat kontras dgn paket penjualan Audiovox Thera yg berlimpah asesoris, yaitu : charger, cradle, kabel data, MP3 controller, handsfree headphone, dan bahkan Stylus pen cadangan. Tak hanya itu, anda juga diberi bonus SD Card Toshiba 32MB, sehingga anda dapat menggunakannya untuk menambah kapasitas storage memory.

Memang PDA Ipaq tipe high-end sudah dibekali bluetooth dan WiFi, sehingga benar-benar berfungsi layaknya sebuah PC. Namun bagaimanapun juga konektivitas yg lebih penting adalah telpon & internet. Dan hal ini hanya dimungkinkan pada PDA Phone. Jaman sekarang sebuah PDA tanpa konektivitas internet terintegrasi (fungsi phone) ibarat orang yg tak tak memiliki kaki alias buntung. Percuma saja punya Bluetooth kalau tidak bisa dial-up ke internet. Bagaimanapun juga mengecek email / browsing jauh lebih penting drpd transfer file menggunakan Bluetooth. Dan lagi tranfer data menggunakan Bluetooth sangatlah lambat, dan ujung-ujungnya anda akan lebih menyukai transfer data / sync via USB (Craddle/Card reader) yg 20X lebih cepat drpd tranfer data/ sync via bluetooth.

KENAPA THERA BISA MURAH?

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa harga Audiovox Thera yg serba komplit ini bisa sangat murah. Ini semata karena Thera pada dasarnya adalah sebuah PDA Toshiba E570 yg kemudian dikembangkan oleh Audiovox untuk menjadi PDA Phone CDMA. Jadi biaya produksinya lebih murah karena Audiovox/Toshiba tidak perlu merancang ulang sebuah PDA Phone baru, tapi cukup memodifikasi design PDA Toshiba E570 yg sudah ada di pasaran.
Selain itu yg membuat harga Thera murah adalah jenis layar yg digunakannya. Meski LCD-nya mendukung 65 ribu warna (16bit), namun jenis layarnya masih reflective dengan jenis penerangan frontlight. Sedangkan layar PDA Ipaq seri terbaru (1940, 2210) sudah transflective dan jenis penerangannya backlight.
Namun paling tidak layar LCD Thera mampu menyuguhkan jumlah warna yg lebih banyak dibanding layar O2 XDA I yg hanya mampu menampilkan 4096 warna saja (12bit). Dan yg jelas harga Audiovox Thera masih jauh lebih murah dibanding O2 XDA I yg harganya masih sekitar 4juta (harga bekasnya saja masih 3 jutaan).

KUALITAS & KOMPATIBILITAS THERA

Banyak orang yg berpikir bahwa harga Audiovox Thera yg murah dikarenakan kualitas yg lebih rendah dibanding O2 XDA. Ini adalah pemikiran orang tolol, karena sebenarnya Audiovox Thera dibuat oleh Toshiba. Bahkan di bagian belakang PDA Phone tsb masih tertera tulisan “Made in Japan”.
Saya yakin bahwa orang tolol sekalipun tahu bahwa Toshiba dan barang “Made in Japan” tentu merupakan jaminan kualitas.
Sedangkan faktor ketololan pulalah yg membuat banyak orang mengira bahwa O2 XDA adalah PDA Phone buatan Inggris.
O2 memang perusahaan Inggris, tapi O2 hanyalah perusahaan operator GSM (seperti Telkomsel) sedangkan PDA Phone O2 XDA-nya sendiri dibuat oleh perusahaan Taiwan, yaitu HTC (High Tech Computer corp).
Ironisnya, produk Taiwan seperti O2 XDA I ternyata masih dijual lebih mahal drpd Thera yg notabene produk Jepang.
Bahkan O2 XDA I yg jelas-jelas masih menggunakan layar 4096 warna harganya masih dipatok jauh lebih mahal dibanding Thera yg dibekali layar 65 ribu warna.
Dalam hal kompabilitas software, meski sama-sama berbasis operaing system PocketPC, namun O2 XDA kerap mengalami problem kompatibilitas tombol dgn beberapa sofware, terutama game, dimana tombol ke-3 dan 4 seringkali tidak berfungsi.
Ini tak lain karena O2 XDA menggunakan operating system PocketPC versi Phone Edition. Beberapa software kebanyakan dirancang bukan untuk versi Phone Edition.
Operating system Pocket PC murni mengenal 4 tombol utama, sedangkan Pocket PC Phone Edition hanya mengenal 2 tombol utama.
Problem kompatibilitas software tidak akan terjadi pada Thera, karena Thera menggunakan operating system Pocket PC 2002 murni (bukan Phone Edition).

DAYA TAHAN BATERE THERA

Thera menggunakan batere Internal 1100 mAh Lithium Ion (3.7V).
Untuk mengambil batere tersebut anda harus membuka casing, jadi batere tidak dapat dengan mudah dilepas seperti melepas batere handphone.
Beberapa orang mengeluhkan daya tahan batere Thera yg cuma 1 hari. Ini sebenarnya konyol, karena mereka membandingkan daya tahan batere PocketPC dengan handphone.
Thera adalah device Pocket PC yg tak lain sebuah alat yg mempunyai fungsi seperti PC, jadi tentu saja wajar bila Thera lebih boros batere dibanding handphone yg jelas secara fungsi tak ada-apa-apanya dibanding PocketPC.
Bila ingin membandingkan, bandingkanlah daya tahan batere Thera dengan daya tahan batere notebook yg paling banter cuma 3 jam saja. Sebagai alat yg mempunyai fungsi menggantikan notebook, daya tahan Thera yg mampu mencapai 1 hari sudah patut syukuri. Beberapa notebook bahkan hanya bertahan dibawah 2 jam.

SEKARANG BUKAN LAGI JAMANNYA NOTEBOOK

Perlu diingat bahwa dengan memiliki PocketPC bukan berarti anda tak perlu lagi membeli komputer. Bagaimanapun juga PocketPC membutuhkan komputer untuk sinkronisasi dan menginstall program- programnya. Microsoft tentu tidak akan bodoh begitu saja membiarkan orang beralih dari komputer ke PocketPC. Produsen operating system raksasa tsb tentu masih ingin orang-orang membeli operating system WindowsXP untuk komputer mereka.
Oleh karena itulah untuk menginstall program-program pada PocketPC anda tetap membutuhkan komputer (PC desktop) dengan operating system buatan Microsoft juga tentunya (Windows 98/Me/NT/ 2000/XP).

Memiliki PC desktop jauh lebih penting dibanding notebook/laptop, karena PC desktop lebih flexible, lebih expandable/upgradeable, lebih murah, dan lebih powerful dibanding notebook.
Jadi bila anda sudah memiliki PC desktop, sebaiknya jangan membeli notebook, karena bagaimanapun juga kinerja notebook tidak akan bisa sehebat PC desktop.
Bila anda memerlukan PC untuk dibawa-bawa cukup gunakan PocketPC, karena device ini jauh lebih unggul dalam hal mobilitas dibanding notebook.

Dengan PocketPC anda bisa melakukan aktifitas bisnis seperti mengetik, mengirim email, dan melakukan presentasi dengan PowerPoint di mana saja, baik di lapangan golf ataupun di dalam gym. Hal tersebut jelas tak dapat dilakukan bila anda menggunakan notebook. Hanya orang tolol yg membawa- bawa notebook ke lapangan golf ataupun gym. Dari sini sudah terbukti bahwa notebook bukanlah alat yg benar-benar mobile. Alat yg “mobile” haruslah praktis dan bisa masuk kantong, dan notebook jelas tidak memenuhi syarat tersebut.

Jaman sekarang ini notebook semakin kehilangan fungsinya, sebab aplikasi-aplikasi masa kini cukup berat untuk dijalankan di notebook. Beberapa aplikasi terbaru bahkan mensyaratkan memory minimal 512MB, dan ada pula yg membutuhkan memory sebesar 1GB. Prosesosrnya pun dituntut sekelas P4 3.2Ghz ke atas. Game-game terbaru juga menuntut VGA sekelas Radeon X800 atau Geforce 6800.
Persyaratan seperti itu jelas sulit dipenuhi sebuah notebook, jadi ujung-ujungnya fungsi PC Desktop tetap tidak dapat tergantikan oleh notebook.
Selain itu notebook juga sulit diupgrade dan mahal. Hal itulah yg membuat notebook tak akan pernah bisa menggantikan PC Desktop.
Bila yg diunggulkan oleh notebook adalah dalam hal mobilitas, saat ini rasanya kurang tepat.
Sebab semua fungsi notebook sekarang ini dapat dilakukan oleh PocketPC, dan dalam hal mobilitas PocketPC jauh lebih unggul dibanding notebook.
Bila anda menggunakan notebook hanya sekedar mengerjakan MS Office, browsing, dan mengirim email, sebaiknya singkirkan notebook anda yg merepotkan itu, sebab semua pekerjaan tsb bisa dilakukan dengan PDA Phone Pocket PC seperti Thera.
Jadi intinya : bila ingin performa gunakan PC desktop, dan bila ingin mobilitas gunakan PocketPC.
Fungsi sebuah notebook saat ini tidak jelas, sebab dalam hal mobilitas kalah oleh PocketPC dan dalam hal performa kalah oleh PC Desktop.

APAKAH THERA DAPAT HANG & KENA VIRUS ?

Sebagai device PocketPC yg identik dengan PC mungkin anda bertanya apakah Thera juga bisa hang & kena virus.
Untuk masalah hang, semua peralatan elektronik dapat mengalaminya, tidak harus PC, handphone biasa sekalipun bisa saja hang.
Jadi Pocket PC seperti Thera tentu juga bisa hang. Namun hang ini hanya terjadi bila anda menginstall software yg rusak/tidak kompatibel. Untuk mengatasi hang, cukup tekan tombol soft-reset yg berada di bagian belakang Thera, maka dalam sekejap akan normal lagi.
Bila soft-reset tidak menyelesaikan masalah, misalnya karena file system Windows anda terhapus atau corrupt, maka dalam kasus ini anda dapat melakukan hard-reset.

Hard-reset dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menekan soft-reset sambil menekan tombol power, atau dengan menekan tombol hard-reset yg berada di samping kanan Thera sambil menggeser tombol yg berada di sebelahnya (untuk menemukan tombol hard-reset ini anda harus melepas panel biru di samping kanan Thera)

Hard-reset akan menghapus seluruh isi memory Thera kemudian secara otomatis Thera akan mengcopykan lagi operating system baru dari ROM ke RAM. Jadi setelah hard-reset, kondisi Thera anda akan seperti baru pertama kali anda beli, yaitu hanya berisi Windows dan program standar bawaan. Anda tentu harus menginstall ulang lagi aplikasi tambahan yg pernah anda install sendiri.
Oleh karena itu disarankan untuk melakukan backup isi memory secara periodik, sehingga bila suatu ketika anda harus melakukan hard-reset, anda cukup merestore file backup yg anda buat, dan dalam sekejap program-program anda kembali seperti sediakala, tanpa harus menginstall ulang aplikasi.

Jaman sekarang hampir semua device bisa kena virus, bahkan handphone dengan OS Symbian saja bisa kena virus “Caribe” yg menyebar via Bluetooth. Jadi kemungkinan device PocketPC terkena virus tentu saja ada. Hanya saja virus yg ditujukan utk PC biasanya tidak dapat berfungsi pada Pocket PC.
Jangankan bisa kompatible di PocketPC, beberapa virus/trojan bahkan ada yg hanya bisa jalan di WindowsXP dan tidak tidak kompatible dengan Windows 98.
Jadi kemungkinan virus yg sama bisa berjalan di operating system Pocket PC cukup kecil.
Para pengguna PocketPC saat ini memang boleh berlega, sebab tampakanya pembuat virus memang lebih memilih PC sebagai sasaran utama, dan bukan PocketPC.
Kalaupun operating system PocketPC anda rusak terkena virus, cara mengatasinya justru lebih mudah dibanding bila WindowsXP/98 anda terkena virus. Anda cukup melakukan hard-reset maka Pocket PC anda akan kembali seperti baru waktu pertama kali beli (tanpa virus).

SAMBUTAN BILL GATES TERHADAP AUDIOVOX THERA

Pada saat Thera dibuat, Microsoft memang belum membuat operating system Pocket PC versi Phone Edition, sehingga software phone/dialer yg digunakan pada pada Thera adalah software Watcher yg dibuat oleh Sierra Wireless. Meski demikan dalam hal feature & interface cukup baik karena Sierra Wireless bekerja sama secara langsung dengan Microsoft dalam pembuatan software phone dialer pada Thera.

Pada saat peluncuran pertama kali Thera, Bill Gates (owner Microsoft) sendiri turun tangan untuk memberikan sambutan kepada PDA Phone berbasis CDMA yg pertama didunia ini. Kesuksesan Thera inilah yg kemudian menginsiprasi Microsoft untuk membuat operating system Pocket PC versi Phone Edition.
Thera yg dalam bahasa Yunani artinya “gerbang”, dianggap oleh Bill Gates sebagai gerbang yg membuka jalan bagi integrasi Pocket PC dengan akses internet high speed CDMA 153Kbps.

TIDAK AKAN PERNAH RUGI

Dengan harga Thera yg cuma 2,4 juta anda tidak akan pernah rugi membelinya, karena dengan dana sebesar itu anda hanya bisa mendapatkan handphone Nokia/Sony Ericsson yg featurenya pasti tidak ada apa-apanya dibanding Thera.
Sebagai informasi, harga Nokia 9210i masih diatas 4 juta, Sony Ericsson K700i masih 3 juta, dan Sony Ericcon P900 masih 5 jutaan. Dalam hal kecanggihan, ketiga Smartphone tsb tidak ada apa-apanya dibanding Thera yg notabene merupakan sebuah PDA Phone PocketPC.

SPESIFIKASI TEKNIS AUDIOVOX THERA VERIZON

Operating System: Microsoft® Windows® Pocket PC2002
Processor: Intel® StrongARM 206 MHz
Dual Band 800 MHz CDMA / 1900 MHz PCS Operation
Modem: Sierra Wireless MSM5105 Chipset – 1xRTT Compatible
Memory: 32MB SDRAM & 32MB Flash ROM memory
Screen: Reflective Color TFT Display 240×320 16bit (65,536 colors)
Touch Screen Interface with on-screen keyboard and handwriting recognition
SD Card / MMC Slot (SD card or SDIO card)
Infrared Port
Mono Speaker and Headphone Jack
Recording: Built-In Voice Recorder
Battery: Internal 1100 mAh Lithium Ion Battery 3.7V
Size: 128 x 77 x 20mm
Weight: 198 grams
Watcher Dialing Software for Built-In Phone
Phone functions include Caller ID, Call Waiting and Three Way Calling
SMS send & receive
Unlimited Call Log
Scratchpad
Emergency Dialing
Speed Dialing
Link Dialing
Voice Mail Notification

NOTE: ARTIKEL INI DIKETIK & DIUPLOAD MENGGUNAKAN PDA PHONE AUDIOVOX THERA

Iklan