3. Nero 6 membakar terlalu lambat
Akibat adanya bug dalam SP2 untuk Windows XP, tool ‘InCD’ dalam paket Nero 6 membakar DVD dual-layer jauh lebih lambat dibandingkan program lainnya. Kesalahan ini timbul pada semua versi hingga versi 4.3.7.3. Sebuah patch dari Nero menawarkan solusinya.

 

Image

Patch DVD-bug: Dengan ‘Paket Update 3’, Nero Anda akan mempercepat pembakaran DVD dual-layer.

Download ‘Paket Update 3’ dari http://www.nero.com/nero6/eng/nero-up.php dan instalasikan. Sebagai alternatif, Anda juga dapat meng-upgrade Nero ke versi 7 yang berisi tool ‘InCD’ versi 5. Tentu saja, untuk layanan upgrade ini ditarik biaya. Microsoft sendiri belum menyingkirkan kesalahan yang terdapat dalam cache-management SP2, karena hanya berefek pada program non-Microsoft seperti Nero.

4. Popup-Blocker memblokir update
Sulit dipercaya, tetapi memang terjadi. Popup-blocker yang terinstalasi dalam SP2 tidak hanya melindungi komputer Anda dari perusahaan marketing yang jahat, tetapi juga dari Windows-Update. Bug ini muncul dengan laporan kesalahan ‘HTTP-Bug 500 – Internal Server Bug, 0x8dd0010’. Ia muncul begitu Anda mengklik sebuah hyperlink di website Windows-Update.

 

Image

Membuka website update: Cantumkan URL Windows-Update ke dalam popup-blocker.

Untuk menyingkirkan bug tersebut, jalankan Internet Explorer dan pilih ‘Tools | Internet Options | Privacy | Popup-Blocker Settings’. Ketikkan URL ‘http://v5.windowsupdate.microsoft.com’ ke dalam kolom teks, lalu klik ‘Add’. Tutup jendela setting.

5. TV-playback bergoyang
Akibat bug lainnya dalam SP2 untuk Windows XP, gambar bergoyang dan terjadi frame-drop pada playback acara TV melalui filter Direct-Show. Kesalahan ini tidak hanya terjadi pada playback Livestream, tetapi juga file video yang sudah tersimpan di hard disk. Solusinya ditawarkan oleh patch dari Microsoft.

 

Image

Menonton TV tanpa goyang: Sebuah patch dari Microsoft menyingkirkan bug pada playback live-stream melalui filter Direct-Show.

Masukkan kode berikut ke dalam kolom Search di website Microsoft. (kb896626)

Sebelum dapat men-download patch tersebut, Microsoft akan memeriksa apakah Anda memiliki versi Windows yang sah atau tidak. Jika tidak ada masalah, Anda dapat menginstalasinya dan menonton tanpa gangguan lagi.

6. Windows hang saat shutdown
Saat shutdown, SP2 untuk Windows XP memeriksa apakah semua Windows-update penting telah terinstalasi atau belum. Bila di sini terjadi kesalahan, akan timbul masalah shutdown dan muncul bluescreen dengan laporan ‘STOP: 0x80248011’. Bila demikian, Anda harus memperbarui database yang berisi semua info relevan mengenai update yang telah terinstalasi.

Untuk mengatasi masalah di atas, klik ‘Start | Run’ dan ketikkan kode berikut. (services•msc)

Dalam jendela ‘Services’, klik kanan ‘Automatic Updates’ dan pilih ‘Stop’. Sekarang, jalankan Windows Explorer dan masuk ke folder Windows. Ubah nama folder ‘SoftwareDistribution’ menjadi ‘SoftwareDistribution.alt’. Setelah itu, jalankan kembali layanan ‘Auto-Update’. Ia akan membuat sebuah folder baru bernama ‘SoftwareDistribution’. Folder lama yang telah Anda ubah namanya boleh dihapus.

Iklan