Tokyo, Jepang 11 September 2006 – Belum selesainya perang format antara Blu-ray dan HD-DVD tidak menyurutkan Toshiba untuk menawarkan standar media optical baru DVD TWIN format yang menggunakan 3 layer optical disk.
Kolaborasi Toshiba (www.toshiba.com) dan Memory Tech (www.memory-tech.co.jp) untuk membuat kepingan media hybrid baru ini lebih menitikberatkan pada aspek kompatibilitas dengan DVD dan HD-DVD player yang telah beredar saat ini. Dengan kata lain, keping optical 3 layer baru ini memadukan 3 layer dalam 1 keping. Layer pertama disediakan untuk media format DVD sedangkan dual layer lainnya (layer 2 dan 3) disediakan untuk media format HD-DVD.

Penggabungan dua standar video dalam satu keping disk hybrid ini memudahkan pihak studio film atau pemasok content video lainnya dapat mendistribusikan produknya ke pihak konsumen/pengguna tanpa kuatir dengan masalah kompatibilitas player. Dari sisi konsumen pun  tidak perlu lagi ragu membelinya karena playernya hanya dapat memutar media DVD. Dengan membeli film dalam media hybrid tersebut, pengguna sekaligus dapat ‘berinverstasi’ dengan film HD-DVD yang lebih baik kualitasnya dan dapat memutarnya nanti bila telah memiliki player HD-DVD.

Image

Secara teoritis, disk hybrid DVD TWIN format ini dapat menampung media DVD dual layer 8.5 GB dan media HD-DVD 15 GB sekaligus. Kombinasi lain yang dapat diterapkan adalah dual layer HD-DVD 30 GB dan satu layer DVD standard 4,7 GB. Dengan kapasitas tersebut, durasi film yang ditampungnya dapat berkisar 4 jam.

Keping optical hyrid yang diusulkan Toshiba ke DVD Forum (www.dvdforum.org) untuk menjadi menjadi standar baru format disk ini berencana untuk masuk pasar pada tahun 2007.

Source: Press release
Author: Iwan R. Siallagan

Iklan