Men-download lagu tanpa membayar memang perbuatan illegal. Namun, sebuah celah melalui webradio bisa Anda gunakan untuk merekam dan menyimpan lagu-lagu berformat MP3 secara gratis. Sumber-sumber untuk men-download MP3 di Internet memang semakin berkurang. Salah satu penyebabnya adalah desakan para pemegang hak cipta yang tidak ingin karyanya ditukar begitu saja dengan gratis. Selain itu, peranan Undang-Undang Hak Cipta yang telah diterapkan di banyak negara turut menurunkan peminat bursa tukar tersebut. Beberapa tool bursa tukar bahkan telah mengubah fungsinya menjadi “toko musik online”. Lagu-lagu MP3 baru bisa Anda dapatkan jika Anda membayar lagu tersebut.

Image

Bursa Musik Legal: Merekam Melalui Webradio

Untungnya, masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan file-file MP3 dengan gratis, yaitu melalui webradio. Hasil siaran radio melalui Internet yang berisi lagu-lagu populer ini bisa Anda rekam dan simpan ke dalam hard disk. Tentu saja, untuk melakukan cara ini Anda harus memiliki satu syarat khusus, yaitu koneksi Internet yang cepat. Dengan begitu, lagu yang sedang diputar bisa Anda rekam dengan lancar tanpa terputus-putus.

Image

Ribuan stasiun: Semua tool webradio (seperti Audio Jack 2) memiliki daftar stasiun yang lengkap dan dapat diperluas lagi.

Apabila Anda perhatikan, sudah ada ribuan webradio yang menyediakan lagu-lagu MP3 stream ke Internet, mulai dari lagu-lagu yang sedang populer (hits), jazz, blues, hingga rock. Untuk mendengarkannya, Anda cukup menyediakan sebuah PC dengan spesifikasi yang cukup tinggi dan sebuah koneksi Internet yang cepat (DSL). Ingat! Biasanya volume data streaming berukuran cukup besar sehingga akan lebih baik jika Anda berlangganan koneksi Internet dengan jenis biaya flat (flatrate).

Image

Pre-Selection: Fungsi seperti filter genre pada TV 2 membantu orientasi di tengah banyaknya stasiun radio yang tersedia.

Untuk mendukung perekaman tersebut, tidak diperlukan tool bantuan dengan ketentuan khusus. Sebuah media player seperti WinAmp, iTunes, atau Windows Media Player yang merupakan tool-tool dasar pada hampir setiap PC dapat Anda gunakan. Bahkan pada Media Player versi-versi terbaru, Anda tidak perlu bersusah payah mencari stasiun webradio di Internet, karena Media Player tersebut telah menyediakannya.

http://www.chip.co.id/chipmk2/index.php?option=com_content&task=view&id=329&Itemid=33

Iklan