Sistem operasi terbaru keluaran Microsoft-Windows Vista yang beberapa waktu yang lalu telah diluncurkan untuk pasar korporat dinobatkan sebagai Product of the Year 2006 untuk kategori Sistem Operasi. Yang memberikan penghargaan ini adalah CRN Test Centre sebuah media untuk para penyedia solusi. Adalah Windows Vista versi Enterprise Edition yang berhasil meraih penghargaan ini.  Dalam websitenya, CRN Test Centre Staff menguraikan bahwa dengan Windows Vista, Microsoft telah menciptakan pengalaman baru para pengguna desktop. Walaupun banyak perdebatan yang mempertanyakan apakah penantian selama lima tahun sepadan dengan hasilnya, namun kenyatannya Windows Vista benar-benar telah menciptakan sebuah petualangan baru.

“Sebagai major media untuk para channel dan reseller, pemilihan Windows Vista sebagai sistem operasi terbaik tahun 2006 sesaat setelah peluncurannya, menunjukkan bahwa kepercayaan untuk mengadopsi sistem operasi ini tumbuh bukan dari kalangan pengguna saja namun juga dari kalangan para pengamat di komunitas channel,” kata Hermawan Sutanto, Product Marketing Manager, Microsoft Indonesia. “Fakta ini mendukung ramalan Gartner bahwa di akhir tahun 2007, 70% komputer yang terjual akan menggunakan Windows Vista”.

Beberapa feature dan kemampuan baru di Windows Vista telah menjanjikan penciptaan penghasilan bagi para penyedia solusi. Ada beberapa kemampuan baru yang menempatkan Windows Vista sebagai Sistem Operasi pilihan untuk desktop. Salah satunya adalah antar muka Aero Glass atau Aero Glass interface yang menciptakan tampilan yang mempesona dan bukan sekedar hiasan belaka. Aero memberikan pengalaman baru pengguna, tampilannya yang jernih, penuh dengan animasi serta diciptakan berdasarkan intiuisi telah membuat sistem operasi ini mendapatkan sambutan hangat bagi konsumen dan pengguna bisnis.

Image

Kapabilitas pelacak di Windows Vista yang terintegrasi juga patut dicatat. Begitu eratnya integrasi di dalam sistem operasi menyebabkan pengguna dapat mencari aplikasi, dokumen, serta folder. Bahkan, hasil pelacakan tersebut dapat disimpan dalam sebuah folder maya yang secara otomatis dapat diperbaharui ketika konten baru dibuat.

Bagi Microsoft, keamanan menjadi hal yang utama dalam Windows Vista dan hal ini telah diintegrasikan dalam beberapa teknologi untuk melindungi sistem intinya dari para eksploitir. PT LippoBank Tbk., sebuah bank yang melayani sektor ritel dan komersil dengan 400 cabang di seluruh Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang telah mencoba mengimplementasi Windows Vista. Kehadiran Windows Vista dengan berbagai tambahan fitur barunya terutama anti-spyware dan anti malware merupakan hal yang sangat dinantikan oleh LippoBank. “Fitur anti-spyware dan anti-malware tersebut sangat membantu kami dalam menjaga sistem keamanan komputer kami dan proses updatenya dilakukan secara otomatis.” Kata Eko Yulianto, IT Security & Planning, PT Lippo Bank Tbk.

Image

Peningkatan di sisi keamanan yang terintegrasi dimulai dari antispyware sampai pada teknologi digital sandbox hingga firewall. Update otomatis yang terdapat pada pusat pengendalian pengguna membuat sistem operasi desktop Microsoft ini lebih aman. Pusat pengendalian jaringan Window Vista menunjukan sinyal yang jelas bagi status jaringan, keamanan dan opsi jaringan walaupun sedang terkoneksi pada beberapa jaringan ataupun sumber data. Kemudahan tersebut berlanjut pada kemampuan jaringan nirkabel, dimana memungkinkan pengguna secara cepat dan aman bergabung pada jaringan nirkabel publik maupun pribadi dengan semudah ‘click-and-play’.

Mulia Group, sebuah perusahaan pengelola properti kelas atas seperti gedung perkantoran, kompleks kediaman dan pusat perbelanjaan selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penyewa unit propertinya. Mulia Group yang turut mencoba Windows Vista pada masa test sebelum produk ini diluncurkan, juga melihat hasil yang baik. “Grafis yang lebih baik, peningkatan pada keamanan, kendali pada penggunaan tempat penyimpanan data external, proteksi terhadap anti virus dan anti spyware yang sudah di built-in di Windows Vista serta kapabilitas pelacak merupakan fitur yang sangat tertata dan semuanya itu menjawab kebutuhan kami.” Kata Maryland, IT Manager, Mulia Group.

Kombinasi elemen-elemen tersebut pada sebuah sistem operasi yang telah meningkatkan stabilitas pada desktop seharusnya menjadi penuntun bagi peningkatan pendapatan dan memberikan kesempatan yang baik bagi para penyedia solusi di tahun mendatang, demikian tulis CRN Test Centre.

Source: Press Release

Author: Reza Wahyudi

Iklan