Perusahaan pembuat memory flash SanDisk dan Sony telah mengumumkan sebuah tipe memory flash baru yang diberi nama Memory Stick PRO-HG (MSPRO-HG), tipe memory ini merupakan tipe memory hasil pembaharuan (extended) format dari Memory Stick PRO (MSPRO). MSPRO-HG akan memberikan kecepatan baca-tulis yang lebih tinggi dengan menggunakan interface 8-bit yang lebih baik dari MSPRO 4 bit, yang juga telah meningkatkan clock frekuensi dari 40 Mhz ke 60 Mhz, hal ini akan membuat kecepatan transfer maximum mencapai 480 Mbps (60 megabytes per second) atau menyamai kecepatan maximum interface USB 2.0. Pada penggunakan interface 8-bit kecepatan transfer minimum yang didapat adalah 120 Mbps (15 megabytes per second). MSPRO-HG memikili ukuran bodi 31 x 20 x 1.6 mm dan memiliki jumlah koneksi 14 pin.

Bentuk dan ukuran MSPRO-HG sama dengan MSPRO dan telah dirancang agar kedua media tersebut memiliki kompatibel yang menyeluruh yang artinya kedua media tersebut dapat ditukar gunakan pada alat elektronik yang menggunakan tipe format tersebut. Pada dokumen press release tipe media baru MSPRO-HG ini, SanDisk dan Sony menyatakan kapasitas nya dapat mencapai 32 GB !! Bayangkan berapa banyak ringtone, mp3, video clip dan data lainnya yang dapat ditampung oleh handphone Sony Ericsson W810 anda jika memang memakai MSPRO-HG 32GB.

Sebenarnya Sony Ericsson pada semua peralatan handphone jenis terbaru sudah menggunakan tipe format memory yang baru yaitu Memory Stick Micro (M2), masalahnya adalah M2 memiliki ukuran bodi yang lebih kecil dan tidak kompatibel dengan MSPRO-HG, jadi jika anda pemilik handphone berjenis CyberShot atau kamera digital yang menggunakan tipe memory M2 maka anda tidak dapat menggunakan MSPRO-HG karena tidak dapat masuk ke lobang M2 yang kecil.

Direncanakan MSPRO-HG akan resmi dikeluarkan pada Januari 2007, tapi pada suatu website penjualan memory di Jepang (http://www.radius.co.jp/products/hardware/card_01.html) sudah ada terpanpang untuk dijual MSPRO-HG berukuran 2GB. Hingga saat ini memory flash yang memiliki ukuran terbesar adalah Compact Flash (CF) dari Samsung dengan ukuran 64 GB, biasanya CF digunakan untuk kamera digital professional. Jika anda mau beli MSPRO-HG 32GB berapa kira kira harga maximum yang anda berani bayarkan saat ini ?

Iklan