(Rabu,14/02/2007:pkl.12.00 wib)JAKNEWS.COMSejumlah komponen seperti `Linux reference kernel`, `application development kit`, `reference drivers`, `documentation` dan sebuah Eclipse berbasis development tools yang disebut dengan `The product development kit (PDK) diluncurkan oleh Access, perusahaan yang selama ini dikenal sebagai pengembang penyedia sistem operasi telepon seluler ‘Palm OS’.
Peluncuran PDK tak ubahnya memberikan dorongan besar bagi telepon seluler yang menggunakan sistem operasi open source Linux.

Access secara demonstratratif meluncurkan PDK dalam acara `the 3GSM mobile conference’ yang tengah berlangsung di Barcelona (Spanyol).

Dalam paparanya di ajang ini, Access memperlihatkan tampilan `Access Linux Platform,` yang tak beda jauh dengan `Palm OS`.

Salah satu feature ayng tampil adalah kemampuan menjalankan bahasa pemprograman berbasis `Java`, Garnet (sistem opeasi keluaran Access sendiri) dan aplikasi berbasis Linux.

Masuknya tampilan layaknya Palm OS tak lepas dari akuisisi yang dilakukan oleh Access pada 2005 silam atas `PalmSource`, sebuah perusahaan yang berspesialisasi pada manajemen dan pengembangan Palm OS.

Access saat ini menjalin kerjasama dengan Texas Instruments, Sprint, Telefonica dan Orangere dimana seorang jurubciara Access pernah mengatakan bahwa mereka akan melakukan stabilisasi Palm OS sembari mengincar menggunakan sistem operasli Linux.

Keinginan Access untuk segera menggunakan Linux sangatlah mendasar karena mereka saat ini merupakan anggota dari Forum `the Linux Phone Standard` (LiPS).

LiPS merupakan satu dari dua badan selain `The LiMo Foundation` yang mendedikasikan diri untuk mendorong telepon seluler bersistemkan Linux.

Presiden `LiPS Forum` Haila Wang menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh Access itu merupakan salah satu dedikasi kepada telepon seluler Linux.

“Access menunjukan bagaiamana anggota kami memberikan perhatian pada komunitas open source terutama pada pengguna telepon seluer,” jelas Wang.

Rencana besar Access menggunakan Linux tak lepas dari akuisisi yang mereka lakukan pada Palm OS dimana nama resmi mereka menjadi `Access Linux Platform` (ALP).

Versi pertama dari ALP diharapkan sudah mulai dipasarkan 2007 ini.

‘Rizr 28’ Telepon Seluler Berbasis Symbian

Ajang ‘the 3GSM mobile conference’ benar-benar menjadi ajang persaingan peluncuran produk telepon seluler dimana Motorolla meluncurkan model terbaru yang disebut dengan `Rizr Z8`, sebuah telepon seluler yang menggunakan sistem operasi Symbian.

Setidaknya ada 3 sistem operasi yang digunakan dalam telepon seluler masing-masing Symbian, PalmOS dan Windows Mobile.

Rata-rata which uses Symbian software, has a hinge that locks the phone into a V-shape to make it easier to talk into.

Sama seperti Nokia, Motorolla merupakan pengguna teknologi Symbian.

Motorola yang merupakan vendor telepon seluler nomor dua dibawah Nokia berharap Rizr 28 bisa segera diluncurkan setidaknya mulai april mendatang.

Iklan