astrid
Sabtu, 3 – Februari – 2007, 11:48:51
klik untuk memperbesarBANDUNG, itb.ac.id – Edi Riawan, analis GIS profesional yang ahli dalam piranti lunak ArcGIS, memandu Free Saturday IT Lessons mengenai Geographic Information System (GIS) pada Sabtu, 3 Februari, di Gedung Comlabs USDI ITB. Ia membawakan materi tentang perkembangan terbaru piranti lunak GIS kepada para peserta yang kebanyakan adalah mahasiswa pascasarjana.

GIS merupakan sistem untuk meng–capture, menyimpan, menganalisa, dan mengelola data dan karakteristik yang berkaitan yang mengacu ke bumi. Secara ringkas, GIS adalah sistem komputer yang mampu untuk mengintegrasikan, menyimpan, mengedit, menganalisa, sharing, dan menampilkan informasi geographically–referenced. Dalam pengertian yang lebih umum, GIS adalah perangkat yang bisa membuat user menciptakan query interaktif, menganalisa informasi spasial, dan mengedit data. GIS adalah sains yang memiliki posisi antara aplikasi dan sistem.

Teknologi GIS dapat digunakan untuk penelitian ilmiah, manajemen sumber daya, manajemen asset, environmental impact assesment, urban planning, cartography, dan route planning. Sebagai contoh, GIS akan memudahkan planner untuk menghitung response time darurat dari bencana alam. GIS bisa juga dimanfaatkan untuk mencari area yang butuh perlindungan dari polusi. Piranti yang dapat digunakan untuk sistem ini terdiri dari Mapinfo, ArcGIS, Remote Sensing dengan er–Mapper, dan webGIS.

Iklan