(Jum’at,09/02/2007:pkl.12.00 wib)JAKNEWS.COMMicrosoft corp menarik niatnya untuk menghapus nama layanan e-mail berbasis web ‘Hotmail’ dan memilih tetap menggunakan nama Hotmail meski dengan sedikit perubahan menjadi ‘Windows Live Hotmail’. Keputusan yang diambil oleh Microsoft ini tampaknya menjadi jalan tengah karena sebelumnya Microsoft berencana untuk mengganti layanan Hotmail dengan nama “Windows Live Mail.”Tetap digunakanya nama Hotmail sebagai salah satu bentuk layanan e-mail berbasis web diperkirakan karena nama Hotmail memang telah menjadi icon didunia internet.

Microsoft sendiri tetap menyatakan keputusuan untuk menggunakan nama Hotmail untuk menjadi layanan “Windows Live Hotmail” masih memasuki tahap beta.

Menurut Senior Product Manager Micosoft, Richard Sim banyak orang yang akan merasa bingung seandainya Microsoft mengubah layanan tidak menggunakan nama Hotmail dan hanya menyebut dengan ‘Windows Life Mail’ saja seperti rencana semula.

“Kami tenga bersiap untuk meluncurkan versi final dari layanan email berbasis web dan yang menjadi salah satu keputusan penting adalah agar 260 juta user tidak terganggu,’ jelas Sim.

Masih menurut Sim dengan mengadopsi nama Hotmail dalam layanan terbaru ‘Windows Live Hotmail,’ maka Microsfot merasa yakin dan percaya user tidak akan mengalami kebingunan.

‘Kami telah mampu memberikan layanan teknologi baru dalam Windows Live dan sekaligus tetap memberikan ikatan emosional dengan user pengguna Hotmail,’ tandas Sim.

Keptuusan Microsoft untuk tetap menggunakan nama Hotmail merupakan sejumlah rangkain panjang untuk memberikan layanan yang lebih baik dan nyaman kepada user pemilik account Hotmail.

Kebingungan itu diusahakan oleh Microsoft menjadi sekecil mungkin dengan tetap menggunakan alamat domain email `Hotmail.com`.

Saat `Windows Live Hotmail` yang rencananya diluncurkan Microsoft akhir tahun ini maka user akan memiliki pilihan tetap menggunakan alamat di Hotmail.com atau di alamat batu Live.com.

Upaya Microsoft untuk mengubah layanan Hotmail merupakan sebuah rencana besar sejak mereka mengakusisi Hotmail pada 1998 silam.

Kini banyak pengguna Hotmail tetap bertahan karena loyalitas mereka meski sejumlah layanan telah mampu melewati Hotmail seperti layanan yang sama dari Yahoo dan Google.

Sebenarnya Microsoft sudah berencana meluncurkan versi final Windows Live Mail akhir tahun silam namun Microsoft memusutksn untuk tetap meluncurkan versi beta dimana versi terakhir yang disebut M9 diluncurkan awal pekan ini.

Di Windows Live Hotmail ini, Microsoft memberikan sejumlah feature baru seperti teknologi `AJAX` webmail system.

Iklan