(Senin,12/02/2007:pkl.11.00 wib) JAKNEWS.COMPerusahaan telepon seluler asal Inggris ‘Omnifone’ secara resmi mulai senin (12/2) menantang layanan musik online iPhone dan iTunes dari Apple Inc melalui layanan yang disebut dengan `MusicStation’. Menurut perusahaan yang didirikan pada 2003 silam ini, layanan `MusicStation` akan memudahkan user mendowload dimana user hanya perlu mengeluarkan uang sebesar $3.88 untuk setiap pekanya.Peluncuran MusicStaion oleh Omnifone sekaligus menjadi tantangan terbesar bagi Appel Inc yang mulai bersiap meluncurkan iPhone sebagai tidak lanjut dari iTunes music store.

Kebetulan antara MusicStation dan iPhone memiliki feature yang sama dimana keduanya sama-sama memberikan tawaran telepon seluler yang mampu mendownload dan memutar musik.

Ominfone, perusahaan telepon seluler yang berbasis di London ini tampaknya siap bersaing dengan Apple inc setelah melakukan kerjasama dengan sejumlah industri rekaman.

Sebagai tahap awal layanan MusicStation baru akan dinikmati di Eropa dan baru kemudian diseluruh dunia termasuk AS yang selama ini menjadi pangsa pasar tradisional dari Apple inc.

“Peluncuran MusicStation akan menjadi generasi baru dimasa mendatang bagi telepon seluler,’ jelas Chief executive Omnifone Rob Lewis.

Menurut Lewis, laynanan MusicStation diperkirakan akan mampu diserap karena selain mudah digunakan juga karena pengguna telepon seluler diseluruh dunia meningkat tajam.

“Kami memberikan layanan MusicStation yang akan memberikan kemudian bagi para pengguna telepon seluler dari katalog global dimanapun mereka berada,’ ungkap Lewis.

Lewis menambahkan bahwa MusicStation diseting untuk mengawali debutnya di Asia dan Eropa dan sudah mengikat kerjasama dengan 23 operator telepon seluler di 40 negara yang diperkirakan memiliki jumlah pelanggan sebesar 690 juta.

Salah satu operator yang mengingkat kerjasama dengan Omnifone itu adalah Telenor ASA dari Norwegia dan Vodacom dari Afrika Selatan.

Secara khusus Vodacom merupakan perusahaan yang bekerjasamad engan kelompok usaha komunikasi dari Inggris, Vodafone Group PLC.

Anders Jensen dari Tellenor mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinya juga akan memberikan layanan untuk para pengguna di Swedia selain di Norwegia.

Selama bulan april dan Juni, Omnifone berencana akan meluncurkan hal serupa di sejumlah negara Eropa Barat dan Asia Pasifik.

Layanan Ominfone akan meliputi Australia, Belgia, Czech, Perancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, Hungaria, Irlanda, Italia, Belanda, Selandia Baru, Philippina, Polandia, Portugal, Romania, Singapore, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Turki dan Inggris sendiri.

Lewis tidak memungkiri bahwa MusicStation diluncurkan untuk menanggal peluncuran iPhone dari Apple yang direncanakan terjadi pada november 2007 mendatang.

“Kami akan memberikan kebebasan seiring dengan peluncuran MusicStation dan iPhone dan pelanggan yang akan menentukanya,’ tandas Lewis.

Layanan MusicStation juga akan dilengkapi search engine untuk memudahkan user melakukan pencarian dan mendowload musik yang diinginkanya ke telepon seluler mereka.

Omnifone: http://www.omnifone.com.

Iklan