(Selasa,13/02/2007:pkl.12.00 wib)JAKNEWS.COMPenyedia layanan e-mail terbesar Yahoo Inc melangkah maju dengan melakukan integrasi Intstant Messaging (IM) kedalam program e-mail yang disediakanya. Menurut Yahoo, integrasi ini merupakan sebuah upaya untuk menjebatani kesulitan yang dialami user saat harus mengguankan e-mail dan IM dimana dalam feature terbaru ini seorang user tidak harus mendownload softrware Yahoo Messenger.Integrasi yang dilakukan oleh Yahoo inc ini diperkirakan merupakan upaya untuk mempengaruhi para pemuda untuk berpaling dari situs sosial jaringan MySpace.

Maklum dengan feature integrasi ini maka layanan Yahoo akan sama dengan MySpace.

Terlebih-lebih bagi para user setia Yahoo, integrasi ini akan membuat mereka tidak lagi kebingunan saat harus membuka e-mail dan menggunakan IM secara bersamaan.

User tinggal membuka sebuah web browser dan menjalankan dua program sekaligus, e-mail dan IM dan tidak perlu mendownload software `Yahoo Messenger`.

Setiap percapaann yang dilakukan melalui IM akan tampil dalam sebuah jendela `Yahoo Mail` dan membuat user bisa melakukan percakapan secara simultan tanpa harus meninggalkan e-mail.

John Kremer yang merupakan vice president Yahoo Mail mengaku bahwa inetgrasi ini tampak sebagai sebuah pengalaman sosial.

“Kami berharap integrasi ini bisa menjembatani jurang antara pengguna e-mail dengan IM,’ tandas Kremer.

Diperkiarkan integrasi ini akan disambut dengan sangat meriah oleh sekitar 250 juta user Yahoo Mail.

Dalam beberapa bulan kedepan, Yahoo berencana akan melakuakn upgrade secara menyeluruh.

Langkah Yahoo untuk melakukan integrasi antara e-mail dengan IM bukanlah kali pertama karena rival mereka Google Inc juga sudah melakukan langkah serupa dengan memasukan `Google Talk messaging system’ ke dalam program layanan e-mail `G-mail`.

Sementara Microsoft memberikan peringatan kepada user saat adanya e-mail yang masuk dalam instant messaging.

Integrasi ini akan mulai berlaku senin (12/2) kemarin dimana Yahoo sebenarnya telah melakukan demontrasi integrasi itu diacara `the Web 2.0 Summit` yang digelar di San Francisco (AS) november 2006 silam.

Meski masih dalam bentuk ‘beta’ atau tes namun Yahoo akan mengaktifkan integrasi ini ke semua usernya.

Integrasi ini juga akan memberikan peningkatan teknologi yang diberikan oleh Yahoo seperti teknologi berbasis `AJAX` (Asynchronous JavaScript and XML) yang bisa bekerja tampaknya sebuah aplikasi desktop.

Iklan