Rumania, Presiden Rumania mengucapkan terima kasih pada piranti lunak bajakan karena membuat pemuda negeri itu kreatif. Hal itu dilakukannya di hadapan Bill Gates.
Presiden Traian Basecu dilaporkan mengatakan pada Bill Gates, pendiri Microsoft, bahwa piranti lunak bajakan membantu Rumania menghadirkan industri teknologi yang berkembang. Ia tampil bersama Gates dalam pembukaan Microsoft Global Technology Center di Bucharest.

“Pembajakan membantu generasi muda menggunakan komputer. Hal itu menimbulkan perkembangan industri TI di Rumania,” demikian kata Basecu yang dikutip detikINET dari TheRegister, Jumat (02/02/2007).

Gates tidak bereaksi apa-apa terhadap ucapan Basecu. Namun perlu diingat bahwa kampanye Microsoft melawan pembajakan termasuk yang cukup gencar. Terutama dengan bantuan organisasi seperti Business Software Alliance (BSA).

BSA mengatakan sebanyak 72 persen piranti lunak di Rumania adalah bajakan. Hal itu diyakini merugikan perusahaan piranti lunak ternama sebesar US$ 11 juta per tahunnya.

Beberapa kasus pembajakan di Rumania dikabarkan berhenti sebelum sampai meja hijau. Di satu sisi pihak Kepolisian giat melakukan razia dan penegakan hukum, di sisi lain jaksa penuntut kesulitan menghadirkan kasus itu ke hadapan pengadilan.

Catatan Redaksi:
Berita ini di-upload secara remote atas dukungan teknologi akses Internet HSDPA – XL3G.

Iklan