Image Keluar dari keterpurukan setelah lima bulan dipenjara atas kasus perdagangan saham ilegal,wanita pemilik kekayaan USD2 triliun itu kini bangkit lagi.Apa saja yang dilakukannya?PEREMPUAN multitalenta itu bernama Martha Stewart, 65. Ikon bisnis Amerika Serikat, penulis buku, redaktur, serta konsultan pembuatan rumah tersebut pada pekan lalu (10/4) lalu meluncurkan kembali situsnya marthastewart. com. Dengan peluncuran itu, Stewart menegaskan dirinya sebagai ”ratu” online dalam semua bidang gaya hidup (lifestyle). Melalui situs tersebut, Stewart akan memberikan segala kemampuan dan talentanya tentang gaya hidup pada tiga juta perempuan yang tercatat mengakses situsnya setiap bulan.

Situs marthastewart.com telah dijalankan sejak 2005. Situs yang dikelola Martha Stewart Living Omnimedia Inc itu merupakan portal informasi seputar gaya hidup yang digabungkan de-ngan bisnis e-commerce.”Situs kami menampilkan 700 video,termasuk episode televisi yang sebelumnya dipandu olehnya.Tak hanya itu, saya berupaya menciptakan komunitas dengan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berbagai ide, resep makan, dan berbagai hal tentang lifestyle. Mereka dapat menyimpan, membagi, meninjau isi, dan berbagi informasi tentang gaya hidup,” ungkap Stewart. Tak tanggung-tanggung, Stewart memberikan 700 daftar situs yang dapat dijelajahi oleh penggunanya. Dengan demikian, Stewart berharap penjelajah situsnya dapat menemukan sumber informasi terbaik, tak terbatas dari situsnya sendiri.

”Kami memiliki jaringan yang luas pada situs-situs lain karena isi dalam situs kami sangat mendalam dan tim kreatif kami sangat produktif. Kami secara konstan selalu memperbarui isi informasi untuk konsumen,” papar Martha Seperti halnya media massa lain, Stewart menjadikan iklan sebagai sumber pendapatan untuk menutup seluruh biaya dan sumber keuntungan.Dengan berbagai langkah tersebut, keuntungan yang mampu diraihnya meningkat 15% dari seluruh pendapatan Martha Stewart Living Omnimedia Inc. Saham perusahaan Martha Stewart Living Omnimedia Inc yang diperdagangkan pun naik selama 52 pekan terakhir dari USD14,76 menjadi USD23,21.

Stewart mengakui, pilar terbesar yang menyumbangkan keuntungan Martha Stewart Living Omnimedia Inc berasal dari situsnya, yaitu sebesar 10% pada 2007. Stewart menargetkan akan mencapai keuntungan dua kali lipat atau 20% pada 2010. Menurut Stewart, situsnya mampu menarik tiga juta pengunjung per bulan. ”Saya yakin jumlah tersebut akan meningkat menjadi 10 juta pengunjung setiap bulan pada 2010,” paparnya. Stewart juga telah menjadikan situsnya dapat melayani penjualan bunga secara online.

Meski Stewart tidak menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama, mantan model fesyen itu meyakini setiap langkahnya dalam mengembangkan perusahaan.Itu karena selama hampir setengah abad berkiprah di dunia entertainment, Stewart telah memiliki penggemar dan pendukung yang loyal padanya. Langkah Stewart memang tak selalu mulus. Perusahaannya memiliki sejumlah kompetitor seperti ivillage.com, glam.com, dan foodnetwork. com.Yang membuat situs Stewart lebih unggul ialah sosok Stewart sendiri.Tak satu pun dari situs-situs pesaing itu memiliki ”figur populer” setenar Stewart.

Jalan sukses yang kini ditempuh perempuan kelahiran New Jersey pada 3 Agustus 1941 itu melalui jalan terjal.Pada 2002,dia dituduh melakukan perdagangan saham ilegal. Pengadilan yang berlarut-larut akhirnya memutuskan Stewart divonis lima bulan penjara pada 2004. Dia dilarang terlibat dalam perusahaan publik selama lima tahun.Stewart pun bebas dari penjara pada Maret 2005. Seusai bebas dari penjara, Stewart fokus untuk menyelamatkan perusahaan dan bisnisnya. Lebih penting lagi,mengembalikan nama baik dan kepercayaan publik padanya. Apalagi, selama berkarier di dunia entertainment, dia telah memiliki modal untuk membangkitkan kembali perusahaannya.

Stewart pun memublikasikan kembali tulisan-tulisan dan bukunya. Pengalaman pahit selama di penjara merupakan sepenggal perjalanan panjang yang harus diraihnya. Jauh sebelum itu, Stewart mengaku telah merasakan pahit getir pengalaman hidup. Dia lahir dari dua orangtua imigran Polandia kelas menengah.Orangtuanya, terutama ibunya, Martha Kostyra, mendidik Stewart dengan keras. Layaknya perempuan lain saat itu, ibunya mendidiknya cara memasak, menjahit, dan berbagai keterampilan lain.Tak hanya ibu yang membekalinya dengan keterampilan, ayahnya, Eddie, juga memberi pemahaman tentang cara mengelola kebun.

Stewart saat itu belum menyadari bahwa semua keterampilan itu akan menjadi modal utama kariernya saat ini. Stewart mengaku memiliki banyak aktivitas di luar sekolahnya, seperti terlibat dalam surat kabar sekolah dan klub seni. Di masa inilah Stewart memulai karier modeling yang membuatnya populer dalam berbagai acara televisi dan majalah,bahkan iklan. Perempuan energik itu pun mendapat beasiswa ke Barnard College di New York City.Awalnya Stewart mengambil mata kuliah Kimia,namun beralih ke Seni dan Sejarah Eropa.

Setelah menikah dan memiliki seorang putri, Alexis, Stewart mulai mengasah insting bisnisnya dengan menjadi broker saham. Tak cukup menjadi broker saham, pada 1992 dia mendirikan perusahaan katering makanan.Stewart juga menulis buku-buku tentang memasak yang ternyata laku keras. Pada 1990-an, Stewart juga menerbitkan majalah Martha Stewart Living dengan tiras 250 ribu eksemplar. Di masa kejayaannya pada 2002,majalahnya mampu mencapai tiras 2 juta eksemplar tiap terbit. Kejayaan itu membuat Stewart kian populer. Hingga pada September 1997 Stewart mendirikan perusahaan Martha Stewart Living Omnimedia.

Nama Stewart sengaja dijadikan brand. Di perusahaan itu,Stewart menciptakan berbagai acara televisi, percetakan buku dan majalah, dan menjual berbagai pernik-pernik. Pada 19 Oktober 1999, saham Martha Stewart Living Omnimedia go public di New York Stock Exchange. Penawaran publik pertama sebesar USD18 per saham. Nilai saham itu meningkat menjadi USD38 per saham karena permintaan terhadap sahamnya saat itu sangat tinggi. Stewart pun menjadi miliarder sejak itu. (berbagai sumber/syarifudin)

Iklan