Johor Baru, BOLASportsLine/AP Taufik Hidayat berhasil menjadi juara tunggal putra di Kejuaraan Bulutangkis Asia setelah menundukkan pebulutangkis Cina unggulan kedua, Cheng Hong, dengan 21-18, 21-19, Minggu (15/4) WIB. Bagi Taufik yang kini berperingkat 14 IBF, ini merupakan gelar ketiganya sebagai jaura Asia setelah sebelumnya ia menjadi juara di tahun 2000 dan 2004.
Namun, ini adalah gelar pertama Taufik di tahun ini dari dua turnamen yang telah diikutinya di tahun ini. Sebelumnya, Taufik kalahd i babak pertama kejuaraan oembuka Super Series, Malaysia Terbuka, setelah kalah dari Lin Dan asal Cina.

Rekor pertemuan Taufik sendiri dengan Chen Hong cukup baik, yakni dari 10 pertemuan mereka aufik menang delapan kali. Dua kemenangan Chen Hong didapat di Jepang Terbuka 2005 dan Kejuaraan Dunia 2006.

Walau gagal memenangi partai tunggal putra, Cina berhasil merebut tiga gelar dengan membuat final sesaam Cina di nomor tunggal putri, ganda putri,
dan ganda campuran. Sedang satu gelar lainnya, ganda putra, direbut oleh pasangan tuan rumah, Lee Wan Wah/Choong Tan Fook, yang merupakan juara bertahan.

Iklan