Jakarta, Perusahaan keamanan Symantec menyatakan telah mengidentifikasi keberadaan spam dengan teknik penyebaran yang lebih canggih.
Spam yang ternyata mengangkut trojan ini menyebar melalui e-mail dengan subyek seperti ‘Trojan Detected!’ atau ‘Virus Activity Detected’. Trojan yang diangkut adalah varian dari Peacomm atau Storm Trojan.

Playfuls.com yang dikutip detikINET, Sabtu (14/3/2007) melansir, trojan ini didistribusikan melalui sebuah password yang digunakan untuk melindungi file Zip yang ada dalam pesan ber-spam.

Symantec Security Response sendiri telah meningkatkan level keamanannya yang semula berada di level 2 kini menjadi level 4, yang artinya peringatan keamanan tertinggi.

Storm Trojan merupakan trojan terbesar sejak kemunculannya pada awal Januari 2007 silam. Sejak saat itu pula, Symantec telah mendeteksi lebih dari 2 juta pesan yang mengandung spam. Pesan ber-spam ini telah menyebar di seluruh dunia, dan mayoritas menginfeksi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Symantec kemudian merekomendasikan pengguna untuk mengunduh antivirus yang mampu mendeteksi virus yang terkandung dalam file Zip.(lni/dwn)

Iklan