Jakarta, Siapa yang sanggup membobol satu dari dua MacBook buatan Apple Inc., yang telah dilengkapi dengan patch keamanan terbaru, bisa meraup Rp 90 juta lebih. Itulah iming-iming yang diberikan TippingPoint, sebuah perusahaan keamanan terkemuka, dalam konferensi CanSecWest yang digelar di Vancouver, Kanada. Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (20/4/2007), kedua komputer terhubung dengan akses nirkabel di area konferensi.

Kedua komputer MacBook itu juga telah dilengkapi dengan patch yang menutup 25 kelemahan pada piranti lunak Apple yang digunakan. Selain patch itu, tidak ada aplikasi pengamanan tambahan lainnya.

Hadiah US$ 10.000, atau sekitar Rp 90,78 juta, bisa diraup oleh siapapun yang sanggup membobol paling tidak satu dari dua MacBook. Syaratnya, pembobolan harus memanfaatkan kelemahan yang selama ini belum diketahui dan belum ditambal.

TippingPoint menyelenggarakan tantangan itu sebagai bagian dari Zero Day Initiative. Yaitu sebuah upaya mencari kelemahan pada sistem yang belum diketahui.

Sebelumnya, tantangan serupa memiliki hadiah sebuah MacBook. Hadiah tersebut dianggap kurang menggiurkan oleh para peserta sehingga TippingPoint pun menaikkan ‘taruhan’-nya. (wsh/wsh)
Wicaksono Hidayat – detikInet

Iklan