Inggris, Seorang bocah perempuan asal Hampshire, Inggris, berhasil mengobok-obok komputer anggota parlemen di House of Commons Inggris. Hanya butuh waktu 15 detik bagi bocah tersebut untuk menyusupinya, ck ck ck…
Salah seorang anggota parlemen yang komputernya disusupi adalah Tory Ann Milton. Daily Echo yang dikutip detikINET, Kamis (29/3/2007) melansir, bocah berusia 6 tahun itu membobol komputer dengan memakai alat sederhana yang bisa dengan mudah, dan legal, dibeli di internet.

Alat tersebut berupa keylogger yang diinstal di komputer. Keylogger adalah sebuah aplikasi yang dapat merekam semua aktifitas yang dilakukan pengguna komputer. Keylogger saat ini banyak dipakai para dedemit maya untuk melancarkan aksinya. Dengan keylogger, penyerang bisa menyimpan setiap informasi yang diketikkan korban di keyboard, termasuk password, data rekening bank atau nomor kartu kredit.

Kembali ke masalah pembobolan, bocah tersebut berhasil mengetahui password, file-file rahasia dan beberapa informasi penting lainnya yang tersimpan di komputer Milton.

Milton sendiri mengaku baru meninggalkan komputernya selama 60 detik. Dan hanya dalam waktu 15 detik, bocah tersebut sukses mengobok-obok komputernya. Tak ada peringatan apapun yang muncul.

Milton juga mengaku kaget melihat betapa mudah komputernya disusupi. “Saya sangat kaget. Sungguh menakutkan mengetahui bahwa seseorang bisa dengan mudah memata-matai apa yang kita lakukan tanpa kita tahu,” tuturnya.

Sementara itu pihak House of Commons enggan mengomentari masalah pembobolan ini.(dwn/dwn)
Dewi Widya Ningrum – detikInet

Iklan