California, Pengguna aplikasi penyunting gambar paling populer Adobe Photoshop kini harus lebih berhati-hati. Pasalnya, sepasang lubang keamanan dilaporkan terdapat di aplikasi ini.
Vnunet yang dikutip detikINET, Rabu (2/5/2007) melansir, celah tersebut dapat ditembus melalui berbagai tipe gambar. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup ‘dirayu’ untuk membuka file berjenis .png, .bmp, .dib, atau .rle.

Jika telah tereksploitasi, pembobol dapat menyerang sistem komputer korbannya. Beruntung, sampai saat ini belum ada laporan penyerangan terkait celah ini.

Selain terdapat pada Photoshop Creative Suite 2, celah yang mudah diserang itu bahkan diberitakan juga terdapat di Photoshop CS 3, yang merupakan salah satu aplikasi teranyar Adobe. Si pelapor keberadaan celah ini adalah juga seorang peneliti sekuriti yang dikenal dengan sebutan ‘Marsu’.

Sementara itu, perusahaan sekuriti Secunia menyatakan, kedua lubang tersebut termasuk kategori ‘highly critical’ (sangat berbahaya-red). Sehingga, pengguna aplikasi ini disarankan untuk tidak membuka file berjenis .png, .bmp, .dib, dan .rle yang tidak jelas asal-usulnya.

Ketika ingin dikonfirmasikan ke perusahaan pembuat Photoshop, juru bicara perusahaan mengatakan sampai saat ini pihaknya masih dalam tahap investigasi dan menolak untuk memberi komentar lebih lanjut. (ash/wsh)
Ardhi Suryadhi – detikInet

Iklan